Monday, July 12, 2010

Rendang Lasagne

Hi ibu-ibu host pasta week, apa kabar?
Juga teman NCCers,

Mau setor hasil utak-atik dapurku nih...
Idenya sih dari suamiku yang pernah lunch sama teman bisnisnya di Hotel di Jakarta (entah di hotel apa) dia pesen rendang lasagna dan nantangin aku bisa nggak buat rendang lasagna yang rasanya rada mirip-mirip sama yang dia makan. Waktu aku minta dia deskripsiin rasanya, dia bilang pokoknya kaya bake lasagna yang biasa tapi isinya rendang...hahahahaha.....Aku sanggupin aja padahal blas aku nggak tahu yang dia pernah makan itu bener-bener pakem rendang hanya pakai lasagna sheet atau memang semua pakem rendang dan lasagna-nya sudah di obrak-abrik.

Diresep yang aku obrak-abrik juga ini, semuanya aku pakai serba instan (tipikal ibu-ibu modern deh) tapi tomat yang jadi ciri khas lasagna nggak aku hilangkan. Jadi hasil akhirnya nggak akan sesangar rendang asli dan juga aku berusaha meminimalkan tingkat pedesnya, biar anakku bisa makan.

Mungkin kalau temen-temen mau coba, bisa dihilangkan tomat segar maupun tomat pastanya dan ditambah tingkat pedesnya.
Resepnya di bawah ini ya...




Rendang lasagne


Bahan:

* 2 sdm olive oil
* 1 bh bawang bombay sedang, cincang
* 1 bks bumbu rendang siap pakai
* 750g daging giling
* 4 butir tomat segar
* 200ml santan instant
* 50g tomat pasta
* 1sdt lada hitam bubuk
* Olive oil, ekstra, untuk mengoles
* 1 bks lasagne instan siap pakai
* 60g mozzarella parut



* Saus keju:
* 750 ml skim milk/ santan encer
* 2 lembar daun salam
* 2 bh bawang putih, memarkan
* 10 butir lada hitam utuh (optional)
* 1 cm kayu manis
* Sejumput pala bubuk
* 60g mentega
* 50g tepung serba guna
* 70g parmesan bubuk
* Lada dan garam


Cara Membuat:

  1. Buat irisan melintang pada kulit tomat. Rendam di air mendidih selama 5 menit atau sampai kulit luar terkelupas. Tiriskan dan kupas semua tomat.
  2. Cincang kasar tomat. Sisihkan.
  3. Panaskan olive oil, masukan bawang bombay cincang dan aduk sampai bawang layu. Masukan daging giling bersamaan dengan bumbu rendang. Aduk dengan sendok kayu sampai semua daging giling terpisah dan berubah warna.
  4. Masukan tomat cincang dan juga tomat pasta. Aduk rata.
  5. Tuang santan dan didihkan sambil terus di aduk. Kecilkan api dan teruskan memasak selama 30 menit sambil sesekali di aduk sampai agak mengental.Selesaikan rasanya dengan menambahkan lada serta garam. Angkat dan sisihkan.
  6. Saus keju: Tuang skim milk/santan cair dengan lada butir, daun salam, bawang putih, kayu manis, pala bubuk.
  7. Panaskan dengan api kecil sambil di aduk-aduk. Angkat dari api dan sisihkan selama 20 menit sampai semua bumbu terserap. Saring larutan susu/santan. Sisihkan.
  8. Panaskan mentega sampai berbusa, masukan tepung serba guna dan aduk sampai campuran matang dan lepas dari dinding panci. Angkat.
  9. Tuang larutan susu/ santan kedalam panci mentega dan tepung, Aduk cepat sampai cairan susu/santan tercampur rata. (sebaiknya gunakan baloon whisk)
  10. Kembalikan panci keatas api dan teruskan mengaduk sampai campuran meletup-letup, kecilkan api. Masukan keju dan aduk sampai keju larut. Cicipi.
  11. Panaskan oven pada suhu 180 C. Oles loyang persegi dengan olive oil, tuang saus keju pada dasar loyang, letakan lasagne lembaran. Tuang rendang daging dan ratakan.
  12. Lapisi dengan lambaran lasagne, tuang rendang dan ratakan. Selesaikan melapi sampai lembaran lasagne dan rendang habis.
  13. Akhiri melapis lasagne dengan saus keju dan taburi rata dengan mozzarella parut.
  14. Panggang selama 40 menit atau sampai keju meleleh dan berwarna keemasan, dan pinggiran (kalau memakai pyrex) mengeluarkan gelembung.
  15. Angkat dan sisihkan selama 15 menit. Hidangkan.

Salam pasta,

--------------------------------
Ina Kornie
http://mamadidapur.blogspot.com/
7/9-11 Ewos Parade
Cronulla 2230
Australia
--------------------------------

No comments:

Post a Comment